Panduan Cara Bermain Capsa susun

Capsa susun merupakan permainan yang sudah dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Permainan ini cukup populer karena permainan ini merupakan permainan yang sangat menyenangkan. Dalam memainkan  permainan ini, setiap pemain masing-masing akan diberikan 13 buah kartu. Kartu yang digunakan dalam permainan ini ialah kartu remi.

13 buah kartu yang diberikan tersebut harus dibagi menjadi 3 susunan yakni susunan teratas, susunan tengah, dan susunan terbawah. Susunan teratas yakni 3 kartu, susunan tengah yakni 5 kartu. Dam susunan terbawah 5 kartu. Namun untuk menyusun kartu capsa susun tidak boleh sembarangan yakni untuk susunan terbawah harus lebih besar dari yang susunan tengah dan begitu juga untuk susunan tengah harus lebih besar dari susunan teratas.

Panduan Cara Bermain Capsa susun

Berikut ini ialah susunan kartu-kartu capsa susun dimulai dari yang tertinggi hingga terendah :

Panduan Cara Bermain Capsa susun

  1. Royal Dragon

Susunan tertinggi dinamakan dengan royal dragon. Pada susunan ini, kartu-kartu yang harus dimiliki oleh pemain adalah harus berurutan dan  daun dalam setiap kartu harus sama seperti contoh kartu royal dragon ialah 2,3,4,5,6,7,8,9,10,J,Q,K,A dengan daun keriting.

  1. Dragon

Susunan kedua dinamakan dengan dragon. Pada susunan ini, kartu-kartu yang harus dimiliki oleh pemain adalah harus berurutan namun daun dalam setiap kartu tersebut berbeda-beda seperti contoh kartu dragon ialah 2,3,4,5,6,7,8,9,10,J,Q,K,A dengan daun yang berbeda-beda.

  1. Royal flush

Susunan ketiga dinamakan dengan royal flush. Pada susunan ini, kartu-kartu yang harus dimiliki oleh pemain adalah 5 buah kartu tertinggi dan daun dalam setiap kartu harus sama seperti contoh kartu royal flush ialah 10,J,Q,K,A dengan daun hati/heart.

  1. Straight flush

Susunan keempat dinamakan dengan straight flush. Pada susunan ini, kartu-kartu yang harus dimiliki oleh pemain adalah 5 buah kartu yang harus berurutan namun boleh dimulai dari nilai kartu berapa saja dan daun dalam setiap kartu harus sama seperti contoh kartu straight flush ialah 6,7,8,9,10 dengan daun wajik.

  1. Piting-siki

Susunan kelima dinamakan dengan piting-siki. Pada susunan ini, kartu-kartu yang harus dimiliki oleh pemain adalah 5 buah kartu dan dari 5 buah kartu tersebut harus ada 4 buah kartu dengan nilai yang sama dan 1 kartu lainnya dengan nilai apa saja dan daun kartu yang berbeda-beda seperti contoh kartu piting-siki ialah 4,4,4,4,K

  1. Full House

Susunan keenam dinamakan dengan full house. Pada susunan ini, kartu-kartu yang harus dimiliki oleh pemain adalah 5 buah kartu dan dari 5 buah kartu tersebut harus ada 1 pasang kartu dengan nilai yang sama dan 3 buah kartu dengan nilai yang sama juga dan daun kartu yang berbeda-beda seperti contoh kartu full house ialah 4,4,A,A,A

  1. Flush

Susunan ketujuh dinamakan dengan flush. Pada susunan ini, kartu-kartu yang harus dimiliki oleh pemain adalah 5 buah kartu dan dari 5 buah kartu tersebut harus memiliki daun yang sama dan tidak perlu berurutan seperti contoh kartu flush ialah 5,3,6,7,8 dengan daun kartu keriting.

  1. Straight

Susunan kedelapan dinamakan dengan straight. Pada susunan ini, kartu-kartu yang harus dimiliki oleh pemain adalah 5 buah kartu dan dari 5 buah kartu tersebut harus berurutan dan daun kartu yang berbeda-beda seperti contoh kartu straight ialah 7,8,9,10,J.

  1. Three of a kind – Tress

Susunan kesembilan dinamakan dengan three of a kind-tress. Pada susunan ini, kartu-kartu yang harus dimiliki oleh pemain adalah 5 buah kartu dan dari 5 buah kartu tersebut harus ada 3 buah kartu dengan nilai yang sama dan 2 kartu lainnya dengan nilai apa saja dan daun kartu yang berbeda-beda seperti contoh kartu three of a kind-tress ialah 8,8,8,4,6.

  1. Two pair

Susunan kesepuluh dinamakan dengan two pair. Pada susunan ini, kartu-kartu yang harus dimiliki oleh pemain adalah 5 buah kartu dan dari 5 buah kartu tersebut harus ada 2 pasang kartu dan 1 kartu lainnya dengan nilai apa saja dan daun kartu yang berbeda-beda seperti contohh kartu two pair ialah 5,5,6,6,K.

  1. One pair

Susunan terendah yang terakhir dinamakan dengan one pair. Pada susunan ini, kartu-kartu yang harus dimiliki oleh pemain adalah 5 buah kartu dan dari 5 buah kartu tersebut harus ada 1 pasang kartu dan 3 kartu lainnya dengan nilai apa saja dan daun kartu yang berbeda-beda seperti contoh kartu one pair ialah 6,6,8,10,J.

Demikian artikel tentang panduan cara bermain capsa susun, semoga artikel ini bisa dengan mudah dipahami.