ASAL USUL DOMINO

ASAL USUL DOMINO

Domino merupakan salah satu permainan yang berasal dari negara Tiongkok, China. Permainan domino awal mulanya muncul saat di negara tersebut sedang mengadakan festival di Wulin yang dikenal dengan nama sebuah kota yaitu kota Hangzhou. Domino sebelumnya dijual oleh pedagang keliling dikota tersebut dan menjadikan domino sebagai barang yang unik untuk Raja Xiao Zhong.

Permainan domino ini awalnya adalah permainan yang difavoritkan oleh para bangsawan disana pada zaman saat itu. Dengan berkembangnya era modern dan kini yang sudah memiliki teknologi canggih internet dan komputerisasi permainan domino sudah dikembangkan dan telah menjadi salah satu permainan yang populer.

Kepopuleran dari permainan domino ini juga sampai ke Indonesia dan telah menjadikan permainan ini sebagi tradisi permainan mereka. Dengan dasar dari cara bermain domino yang dimainkan secara berkelompok ini membuat kedekatan para pemainnya satu sama lain. Kedekatan cara bermain di Indonesia ini membuat para pemainnya menjadi pertemanan dan menjadi menyenangkan saat berjaga malam dan permainan ini setia bersama pemainnya.

Sebelum permainan domino memasuki Indonesia terdapat beberapa sedikit perdebatan tentang asal mula dari domino apakah berasal dari Tiongkok atau Eropa. Seseorang yang bernama Michael Dummett yang berasal dari Eropa menulis sebuah tulisan pendek dibagian Game Of Tarot dimana kartu domino adalah berasal di negara Italia pada abad 18.

ASAL USUL DOMINO

Meskipun jelas kartu domino telah berasal dari Tiongkok akan tetapi perdebatan ini tetap muncul antara Eropa dan Tiongkok negara mana yang menciptakan domino terlebih dahulu ada kemungkinan bahwa domino diciptakan secara independen. Banyak sejarah yang dikeluarkan dengan berbagai versi dan cerita akan tetapi kesepakatan akan semua versi tersebut menjadi satu yaitu domino berasal dan dikenalkan dari negara Tiongkok.

Kata domino sendiri juga memiliki artinya dimana nama domino yang berasal dari kata DOMINUS, dominus adalah bahasa latin yang artinya adalah tuan rumah. Permainan domino sempat berpindah tempat ke Prancis dan menjadi tren pada abad ke-18. Saat di Prancis, domino juga diproduksi disana menjadi domino teka-teki. Teka-teki yang yang diproduksikan oleh Prancis yaitu dengan memberikan sebuah pola dan diminta untuk memasangkan kartu dengan sedemikian rupa agar mejadi cocok.

Domino tersebut berupa kartu dengan persegi panjang yang memiliki satu sisi dimana terdapat nilai yang akan dihitung dan diadu dengan pemain lainnya dan satu sisi lainnya kosong. Sisi yang memiliki nilai tersebut juga terdapat dua bagian atas dan bawah yang nantinya akan dihitung juga nilai tertinggi yang didapatkan. Total dalam kartu domino ada 28 yang memiliki 7 seri disetiap kartunya dimulai dari 0 sampai dengan 6 yaitu:

  • Seri pertama adalah 0 dimana kartunya adalah 0/0, 0/1, 0/2, 0/3, 0/4, 0/5 dan 0/6.
  • Seri kedua adalah 1 dimana kartunya adalah 1/1, 1/2, 1/3, 1/4, 1/5 dan 1/6.
  • Seri ketiga adalah 2 dimana kartunya adalah 2/2, 2/3, 2/4, 2/5 dan 2/6.
  • Seri keempat adalah 3 dimana kartunya adalah 3/3, 3/4, 3/5 dan 3/6.
  • Seri kelima adalah 4 dimana kartunya adalah 4/4, 4/5 dan 4/6.
  • Seri keenam adalah 5 dimana kartunya adalah 5/5 dan 5/6.
  • Seri ketujuh adalah 6 dimana kartunya adalah 6/6.

ASAL USUL DOMINO

Dengan aturan bermain domino yang sederhana membuat banyak yang menyukai akan permainan dengan kartu domino. Dengan berkembangnya zaman banyak permainan yang dimainkan dengan menggunakan jenis kartu domino misalnya domino qiu-qiu yang menggunakan 4 buah kartu dan domino ceme yang menggunakan 2 buah kartu untuk adu nilai tertinggi dari kartu yang didapatkan.

Demikian sedikit cerita dari asal kartu domino dan beberapa jenis permainannya, terima kasih.